Cara meningkatkan loyalitas pelanggan adalah kunci untuk mengatasi masalah utama yang sering dihadapi banyak bisnis: penurunan retensi pelanggan dan berkurangnya kepercayaan konsumen. Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan pelanggan setia, sehingga berdampak pada penurunan omzet dan pertumbuhan bisnis yang stagnan. Ketika pelanggan tidak merasa dihargai atau tidak mendapatkan nilai lebih dari interaksi dengan brand, mereka cenderung mencari alternatif lain.
Dalam era globalisasi yang makin kompleks, peran perusahaan tidak lagi terbatas pada tujuan ekonomi semata. Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) muncul sebagai landasan bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.
Pada artikel ini, Pluxee telah menguraikan segala hal yang perlu Anda tahu untuk mulai memahami apa itu CSR. Pembahasan ini akan dimulai dari pengertian CSR, mengapa hal ini penting bagi perusahaan, berbagai jenis CSR, tujuan-tujuannya, serta contoh implementasi nyata yang bisa Anda aplikasikan.
Bisnis Anda mampu bertahan tidak hanya karena mendapatkan pelanggan baru setiap harinya. Pelanggan setia yang mendukung bisnis Anda dari awal merupakan aset berharga bagi sebuah bisnis.. Itulah pentingnya menerapkan loyalitas pelanggan dalam bisnis Anda. Loyalitas pelanggan adalah kunci penting meningkatkan kesetiaan mereka.
Kualitas selalu menjadi prioritas utama meskipun perusahaan harus mengejar target dan tenggat waktu yang telah ditetapkan. Perusahaan perlu menerapkan manajemen kualitas dalam seluruh aspeknya. Manajemen kualitas tidak hanya membawa nilai tambah pada perusahaan, tetapi berdampak besar pada kesetiaan pelanggan pula.
Event marketing adalah salah satu jenis strategi yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis. Tujuan dari penerapan strategi ini untuk memberikan pengalaman langsung kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Melalui artikel ini, Anda dapat memahami pengertian event marketing secara lebih mendalam. Ada juga tambahan informasi lainnya seputar manfaat dan contoh dari event marketing yang perlu Anda ketahui.
Karakteristik pelanggan yang beragam tentu akan membuat Anda sebagai pelaku bisnis menjadi bingung bagaimana cara menjalankan strategi penjualan yang tepat. Bagaimana caranya agar Anda dapat menjual produk atau jasa yang dimiliki dengan sukses kepada masing-masing pelanggan tersebut?
Persaingan bisnis yang ketat membuat Anda harus lebih jeli dan kreatif dalam memilih strategi penjualan yang tepat.
Seperti apa pentingnya pelanggan bagi perusahaan? Bagi pemilik usaha, pelanggan mungkin dianggap sebagai pihak yang membeli produk atau jasa Anda. Namun sebenarnya, peran pelanggan bagi kelangsungan sebuah usaha jauh lebih besar dari itu.
Kepuasan pelanggan adalah salah satu indikator untuk menentukan apakah bisnis Anda sukses atau tidak. Semakin banyak pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda maka semakin baik juga perkembangan bisnisnya. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika kepuasan pelanggan selalu mendapat perhatian khusus saat menyusun strategi bisnis.
Dalam artikel ini akan dibahas tentang 5 dimensi kepuasan pelanggan. Ya, ternyata kepuasan pelanggan pun memiliki dimensi, tidak hanya datar begitu saja. Berikut ulasan mengenai 5 dimensi kepuasan pelanggan untuk dipelajari.
Dalam menjalankan bisnis pasti Anda akan mendapatkan reaksi dan respon yang beragam dari klien Anda. Respon ini bisa berupa positif maupun negatif. Jika mendapatkan respon yang positif rasanya pasti menyenangkan karena mendapatkan pujian dari para pelanggan. Sementara jika respon yang diberikan negatif, salah satunya adanya keluhan dari para pelanggan sebaiknya Anda perlu melakukan evaluasi.
Mengukur kepuasan pelanggan adalah hal penting yang harus dilakukan secara berkala oleh suatu brand atau perusahaan. Ada banyak metode untuk mengukur kepuasan pelanggan Anda. Namun, beberapa jenis metode di bawah ini adalah salah satu dari yang terbaik. Apa saja metode ini? Yuk simak pembahasan selengkapnya berikut ini.
Strategi customer relationship adalah sebuah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan klien atau pelanggan mereka. Anda mungkin juga mengenal customer relationship ini sebagai customer relationship management. Metode customer relationship sendiri membahas mengenai bagaimana caranya untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas hubungan antara perusahaan dan pelanggan setia.
Hubungan antara perusahaan dan pelanggan ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan yang menjaga hubungan pelanggan dengan baik akan lebih mudah meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang loyal tidak akan mudah beralih ke kompetitor lain. Selain itu juga bisa membuat usaha Anda semakin berkembang dan revenue usaha Anda pun akan meningkat. Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi customer relationship management ini? Simak penjelasannya berikut ini!
Customer Lifetime Value (CLV) adalah salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan nilai dari pelanggan sebuah perusahaan. Metrik ini dinilai akurat sehingga banyak digunakan oleh perusahaan dalam menghitung nilai pelanggan mereka. Sudahkah Anda mengenal CLV? Berikut penjelasan singkat tentang CLV beserta kegunaannya untuk perusahaan Anda.
Setiap perusahaan tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Namun demikian, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan itu sendiri. Apabila faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi dengan baik, maka loyalitas pelanggan pun tercipta sehingga pendapatan bisnis pun meningkat. Bahkan di tengah persaingan bisnis yang kian ketat, perusahaan Anda tetap mampu bertahan dan unggul karena pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan? Berikut informasinya untuk Anda.
Kepuasan pelanggan merupakan hal paling vital bagi perjalanan sebuah bisnis baik produk maupun bidang jasa. Namun, tidak sedikit pula pengusaha yang masih belum mengetahui bagaimana cara membangun kepuasan pelanggan dengan tepat. Sebenarnya, hal tersebut bisa dilakukan dengan baik jika memperhatikan segala aspek yang dimiliki baik dari segi produk hingga pelayanan yang diberikan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membangun kepuasan pelanggan ini, Anda bisa simak ulasannya berikut: